umroh q

umroh q
at madinah

Sabtu, 04 Juni 2011

contoh SAP Kebidanan

SAP Praktik Klinik

Mata Kuliah : KDPK
Pokok Bahasan :
Sub Pokok bahasan : memandikan bayi
Penempatan : Puskesmas Mergangsang
Hari/tanggal : jumat/ 3 juni 2011
Waktu : 06.45 WIB



I. Kompetensi Dasar:
Setelah mengikuti bimbingan ini mahasiswa diharapkan memiliki wawasan dan pemahaman tentang keterampilan dasar praktik klinik.
II. Indikator Ketercapaian:
a. Mahasiswa mampu melakukan persiapan memandikan bayi yaitu persiapan alat, ruangan dan pasien dengan benar pada saat melakukan perasat.
b. Mahasiswa mampu memandikan bayi dengan benar.
III. Kegiatan Pembelajaran :
1. Prosedur
Tahap Kegiatan Waktu
Kegiatan awal 1. Memberikan salam kepada mahasiswa
2. Melakukan apersepsi
3. Menanyakan mahasiswa langkah mana yang ingin di latih secara khusus dalam praktik klinik yang akan dikerjakannya.
4. Review langkah-langkah didalam penuntun belajar yang dianggap sulit oleh mahasiswa, yang akan dipraktikkannya.
5. Menentukan tujuan spesifik pembelajaran.
6. Membuat kontrak waktu dan kesepakatan tindakan yang akan dilakukan mahasiswa
7. Memberikan motivasi kepada mahasiswa. 4 menit
Kegiatan inti 1. Mengucapkan salam pada pasien
2. Memperkenalkan diri dan memperkenalkan mahasiswa sebagai bidan muda yang akan memeriksa pasien.
3. Melakukan pengamatan selama mahasiswa melakukan keterampilan dengan menggunakan cheklist atau penuntun belajar.
4. Mencatat kinerja mahasiswa dalam penuntun belajar selama pengamatan.
5. Memberikan komentar perbaikan hanya pada saat kenyamanan dan keamanan klien dipertaruhkan
6. Mengucapkan salam kepada klien setelah tindakan 8 menit
Kegiatan penutup 1. Memberi salam kepada mahasiswa
2. Menanyakan kepada mahasiswa tentang praktik yang barusan saja dikerjakan.
3. Meminta mahasiswa menyebutkan langkah-langkah yang telah dikerjakan dengan baik.
4. Meminta mahasiswa menyebutkan langkah-langkah yang menurutnya belum dikerjakan dengan baik atau sama sekali belum dikerjakan.
5. Memberikan pujian kepada mahasiswa atas tindakan yang telah dilakukan.
6. Memberikan saran spesifik untuk perbaikan sesuai dengan penuntun belajar.
7. Bersama mahasiswa menentukan tujuan/ goal praktik yang akan datang.
8. Mengucapkan salam. 3 menit

2. Metode
a. Bed side Teaching
3. Media : Instrumen/chek list keterampilan dan Job sheet
4. Alat :
1. Schort
2. Sarung tangan
3. Handuk
4. Waslap 2 buah
5. Sabun mandi
6. Shampo
7. Kapas DTT
8. Bengkok
9. Air hangat dalam bak mandi
10. Meja mandi yang dialasi perlah dan handuk
11. Pakaian bayi
12. pulpen dan buku catatan.
5. Evaluasi :
a. Lisan/Responsi
Lampiran :
1. Check list
2. Materi
3. Jobsheet





Mengetahui,
Pembimbing Akademik


(……………………….)









PROSEDUR PELAKSANAAN

NO LANGKAH-LANGKAH KEY POINT
1 Beritahu orang tua bayi tindakan yang akan dilakukan


Segala tindakan yang akan dilakukan harus kita informasikan kepada pasien/ keluarga
2 Siapkan alat dan bahan untuk memandikan bayi
Penempatan alat secara ergonomis
3 Siapkan ruangan


Tutup pintu dan jendela untuk mencegah terjadinya hipotermi

4 Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, keringkan dengan handuk bersih


Lepaskan semua perhiasan di tangan dan lakukan dengan tehnik 7 langkah
5 Pakai sarung tangan dan scort


Alat perlindungan diri
6 Letakkan bayi diatas meja mandi
Perhatikan keamanan dan kenyamanan bayi
7 Buka seluruh pakaian bayi

Lakukan dengan lembut, tetap jaga suhu tubuh bayi dengan menggunakan kain sebagai alas
8 Basahi waslap dengan air hangat

Gunakan waslap yang lembut, dan memastikan kehangatan air secara tepat
9 Seka bayi dengan waslap basah dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia



Lakukan dengan urutan yang benar, gerakan yang lembut serta mantap
10 Basahi waslap dan beri sabun





Gunakan sabun secukupnya dan buat busa dengan waslap basah
11 Sabun bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia


Lakukan dengan hati-hati, sabun jangan mengenai muka bayi
12 Angkat tubuh bayi dengan cara memasukkan tangan kiri kebawah leher bayi hingga pergelangan tangan berada dibawah leher, tiga jari berada dibawah ketiak kiri bayi dan ibu jari serta telunjuk dibagian bahu kiri. Tangan kanan memegang bokong bayi melalui kedua paha bayi

Keamanan agar bayi tidak mudah terlepas dari pegangan
13 Masukkan bayi kedalam bak mandi






Lakukan dengan hati-hati dan dengan posisi bayi setengah duduk
14 Bersihkan bekas sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari kepala, leher,dada, tangan, perut dengan tangan kanan penolong

Pastikan tubuh bersih dari sabun
15 Telungkupkan bayi diatas tangan kiri, jari-jari dibawah ketiak kanan bayi
Bila dengan cara ini ada kesulitan bersihkan bagian punggung dengan posisi bayi terlentang
16 Bersihkan sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari punggung, bokong, kaki dengan tangan kanan penolong
Pastikan tubuh bayi bersih dari sabun
17 Kembalikan bayi keposisi telentang
Pastikan bayi dalam posisi aman, agar tidak lepas dari pegangan saat diangkat
18 Angkat bayi dan letakkan diatas handuk bersih, lembut dan kering


Lakukan dengan cekatan
19 Keringkan tubuh bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia

Lakukan dengan lembut dan urutan yang tepat
20 Bersihkan tali pusat dengan kapas DTT


Perawatan tali pusat dengan membersihkan menggunakan kapas yang dicelupkan air DTT
21 Kenakan pakaian bayi

Jangan biarkan bayi terlalu lama tanpa pakaian untuk mencegah kehilangan panas
22 Letakkan bayi dibox bayi/ditempat yang aman

Keamanan dan kenyaman bayi
23 Bereskan alat
Jaga kebersihan dan siap dipakai kembali
24 Buka handscond

Lakukan proses DTT
25 Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, keringkan dengan handuk kering

Lakukan dengan 7 langkah
26 Dokumentasikan tindakan yang telah dilakukan

Bukti asuhan, tanggung jawab dan tanggung gugat











DAFTAR TILIK
MEMANDIKAN BAYI
Nama Mahasiswa :
Kelas/semester :
Tanggal Penilaian :
Tempat :

PENILAIAN :
Nilai 0 (Nol ) : Perlu perbaikan
Langkah atau tugas tidak dikerjakan dengan benar atau tidak berurutan
Nilai 1 (satu) : Mampu
Langkah dikerjakan dengan benar dan berurutan tetapi kurang tepat, pembimbing perlu membantu atau mengingatkan
Nilai 2 (dua) : Mahir
Langkah dikerjakan dengan benar, tepat dan tanpa ragu-ragu serta berurutan sesuai prosedur

Beri tanda ceklist (√)pada kolom penilaian
NO LANGKAH NILAI
0 1 2
1 Memberitahu dan menjelaskan pada ibu tentang tindakan yang akan dilakukan
2 Menyiapkan alat dan bahan, membawa kedekat meja mandi:
Bak mandi berisi air hangat
Waslap
Sabun mandi
Handuk
Pakaian bayi
Kapas DTT
Bengkok
Sarung tangan
Scort
3 Menutup pintu dan jendela
4 Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengeringkan dengan handuk bersih
5 Memakai sarung tangan dan skort
6 Meletakkan bayi di meja mandi
7 Membuka pakaian bayi
8 Membasahi waslap dengan air hangat
NO LANGKAH NILAI
0 1 2
9 Menyeka bayi dengan waslap basah dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia
10 Membasahi waslap dan beri sabun
11 Menyeka dengan waslap yang telah diberi sabun mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan genetalia
12 Mengangkat tubuh bayi dengan cara memasukkan tangan kiri kebawah leher bayi hingga pergelangan tangan berada dibawah leher, tiga jari berada dibawah ketiak kiri bayi dan ibu jari serta telunjuk dibagian bahu kiri. Tangan kanan memegang bokong bayi melalui kedua paha bayi
13 Memasukkan bayi kedalam bak mandi dengan hati-hati dengan posisi setengah duduk
14 Membersihkan bekas sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari kepala, leher,dada, tangan, perut dengan tangan kanan penolong
15 Menelungkupkan bayi diatas tangan kiri, jari-jari dibawah ketiak kanan bayi
16 Membersihkan sabun yang ada ditubuh bayi mulai dari punggung, bokong, kaki dengan tangan kanan penolong
17 Mengembalikan bayi keposisi telentang
18 Mengangkat bayi dan letakkan diatas handuk bersih, lembut dan kering
19 Mengeringkan tubuh bayi mulai dari kepala, leher, dada, tangan, perut, punggung, kaki, bokong dan
20 Membersihkan tali pusat dengan kapas DTT
21 Mengenakan pakaian bayi
22 Meletakkan bayi dibox bayi/ditempat yang aman
23 Membereskan alat
24 Membuka sarung tangan serta skort
25 Mencuci tangandengan sabun air mengalir, mengeringkan dengan handuk bersih
26 Melakukan dokumentasi tindakan yang telah dilakukan

Nilai :........ x 100 =
52

DOSEN


(..….............……. )

1 komentar: